Indeks

Tepati Janji, Eka Putra Salurkan BLT untuk Korban Erupsi Marapi

Tanah Datar, www.beritanagari.com – Tepati janji kepada Masyarakat terdampak erupsi Gunung Marapi, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk 15.327 jiwa di Kecamatan X Koto, Batipuh, Lima Kaum dan Sungai Tarab.

Selain itu, Eka Putra juga membagikan bantuan beras total 68.971,5 kg untuk 3.540 KK tersebar pada empat kecamatan. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis di Kecamatan X Koto dan Batipuh oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, Senin, (25/03/2024).

Bantuan diserahkan untuk Kecamatan X Koto sebanyak 59.364 Kg untuk 3.129 KK (13.192 jiwa), Kecamatan Batipuh sebanyak 9.490,5 Kg untuk 406 KK petani (2.109 jiwa).

Lalu, Kecamatan Lima Kaum sebanyak 67,5 Kg untuk 3 KK petani (15 jiwa) serta Kecamatan Sungai Tarab sebanyak 49,5 Kg untuk 2 KK petani (11 jiwa). Satu petani memperoleh bantuan sebanyak 4,5 kg/jiwa.

Di hadapan masyarakat, Eka Putra menjelaskan, bantuan disalurkan langsung melalui rekening warga. Kata dia, BLT ini merupakan janji bupati kepada Masyarakat Ketika mengunjungi korban erupsi di Nagari Aia Angek dan Panyalaian beberapa waktu yang lalu.

“Ini janji saya Ketika ke Aia Angek dan Panyalaian bahwa akan memberikan bantuan langsung tunai. Tentu sesuai regulasi dan sesuai aturan,” papar Eka Putra.

Terkait bantuan beras, Eka Putra menjelaskan, bantuan pangan beras ini diharapkan dapat membantu meringankan beban pengeluaran sehari-hari akibat dampak bencana alam.

“Semoga bantuan yang diberikan berupa penyaluran bantuan pangan beras ini juga bertujuan untuk pengendalian inflasi beras dan mendukung penstabilan harga beras di tingkat konsumen,” ulasnya.

“Penyaluran bantuan pangan mempunyai dampak di sisi hulu, petani akan mendapat harga jual sedangkan di hilir masyarakat yang membutuhkan bahan pangan beras akan terpenuhi,” imbuh bupati.

Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Sri Mulyani menjelaskan Bantuan diberikan kepada petani yang gagal panen akibat terdampak Erupsi Gunung Marapi untuk sektor pertanian berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Beras.

Irwan Labai Sidi Mangkuto, salah seorang pengurus kelompok tani yang terdampak erupsi Marapi di Kecamatan X Koto mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tanah Datar, Eka Putra atas perhatian terhadap petani di Kawasan X Koto.

Ismarida, petani lainnya juga mengapresiasi kebijakan Eka Putra terhadap petani terdampak erupsi Marapi. “Dulu pak bupati datang dan berjanji memberi bantuan. Hari ini beliau datang lagi dan menepati janjinya,” jelasnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Asisten Administrasi Umum Jasrinaldi ,Kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar dan Padang Panjang, Kadis Pertanian Sri Mulyani , Kadis Kominfo Yusrizal, Kadis Pangan dan Perikanan Alfian Fikri, Kadis Sosial dan PPPA Afrizon, Kalaksa BPBD Ermon Reflin, Camat Kecamatan Batipuh Abdi Hardifalah beserta Forkopimca, Kabag Prokopim Dedi Triwidono, Wali Nagari setempat dan lainnya.(rel)

Exit mobile version