Indeks

Festival Pesona Pangian Pertahankan Status Terbaik Pelaksanaan Satu Nagari Satu Event 2023

Batusangkar, www.beritanagari.com – Festival Pesona Pangian mempertahankan status menjadi nagari terbaik dalam pelaksanaan Satu Nagari Satu Event tahun 2023 ini. Penghargaan diberikan Bupati Tanah Datar, Eka Putra ketika pembukaan Festival Pesona Minangkabau di Istana Basa Pagaruyung, Kamis (8/12/2023).

Pangian menjadi terbaik untuk kategori Nagari yang menyelenggarakan di tahun kedua bersama Nagari Cubadak yang mengusung Tabek Ganggam Festival, dan Nagari Kumango yang mengusung Festival Baluluak Bajarami.

Juri penilai Satu Nagari Satu Event, Siska Mandalia mengatakan, tahun ini penilaian sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Yaitu, dibagi menjadi dua kategori. Kategori pertama adalah Nagari yang baru pertama kali melaksanakan Satu Nagari Satu Event. Lalu, ada juga kategori untuk Nagari yang sudah dua kali melaksanakan satu Nagari satu event.

Kemudian, penilaiannya tidak lagi juara  satu, dua atau tiga. Tapi untuk Nagari yang pertama kali melaksanakan, itu yang diumumkan lima terbaik. Sedangkan untuk Nagari tahun kedua diumumkan tiga terbaik.

“Diumumkan berdasarkan urutan tanggal pelaksanaan event,” papar Siska yang merupakan dosen Jurusan Pariwisata UIN Mahmud Yunus Batusangkar ini.

Lebih jauh Siska memaparkan, Indikator penilaian Satu Nagari Satu Event terbaik di antaranya, promosi event, peran serta masyarakat, banyaknya sanggar yang ditampilkan, jumlah pedagang yang berjualan.

“Serta jumlah pengunjung, kuliner spesifik, dan kesinambungan event,” ulasnya.

Terpisah, Wali Nagari Pangian, Hijrah Adi Sukrial menjelaskan, keunggulan Pangian dalam pelaksanaan Satu Nagari Satu Event adalah tingginya peran serta masyarakat Nagari untuk menyukseskan event.

“Seluruh elemen turun untuk gotong royong. Kaum bapak dan pemuda gotong royong membangun infrastruktur dan mempersiapkan lokasi. Kaum ibu dan puti bungsu mengantarkan makan dan kopi serta ikut mendekorasi,” jelas mantan redaktur Harian Pagi Padang Ekspres ini.

Di sisi lain, Kata Hijrah tahun ini ada beberapa terobosan yang dilakukan Panitia Festival Pesona Pangian. Di antaranya, Festival Pesona Pangian satu-satunya kegiatan Satu Nagari Satu Event yang berkolaborasi dengan dunia perbankan, yaitu merangkul Bank Syariah Malibu.

“Karena kolaborasi ini, peserta pawai bisa kita beri kupon doorprize dengan hadiah umrah,” papar Hijrah.

Untuk itu, Hijrah mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Nagari Pangian. Semua ini menurutnya berhasil karena dukungan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pangian, Bundo kanduang, PKK, pemuda, dan elemen masyarakat lainnya.

“Ini adalah kemenangan masyarakat Pangian,” tegas Hijrah.(Rel)

Exit mobile version