Cek Dam Banda Jauh Malalo Perlu Normalisasi

TANAH DATAR, www.beritanagari.com – Cek dam banda jauh dan tiga aliran sungai yang berada di Nagari Padang Laweh Malalo Kecamatan Batipuh Selatan, perlu dilakukan normalisasi dan pengerukan.

Hal itu diutarakan Wali Nagari Padang Laweh Malalo Akhiyari Dt Talarangan kepada media pada hari Jum’at (10/11/2023) bahwa satu cek dam yang terdapat dinagarinya tersebut sudah memerlukan normalisasi agar air tidak meluap yang mengakibatkan banjir bandang ketika intensitas hujan sudah mulai tinggi.

“Saat ini cek dam banda jauh itu, sudah selayaknya dinormalisasi, agar pada musim hujan tiba, cek dam itu tidak meluap yang mengakibatkan banjir bandang, ” katanya.

Kondisi Cek Dam Banda Jauh Nagari Padang Laweh Malalo Batipuh Selatan Yang Memerlukan Normalisasi Agar Tidak Mengakibatkan Terjadinya Banjir Bandang.

Tak hanya itu, Menurut Akhiyari yang sudah masuk pada periode kedua ini memaparkan bahwa, dinagarinya juga terdapat tiga aliran sungai yang harus dinormalisasi.

Lebih jauh dikatakannya, meski pemerintah nagari bersama satuan tugas tanggap bencana beserta masyarakat terus melakukan kepedulian dengan melakukan gotong royong membersihkan sungai, namun belum bisa terlaksana secara maksimal dikarenakan terbatasnya alat untuk mengatasi persoalan tersebut.

Akhiyari pun berharap kepada pemerintah dengan dilakukannya normalisasi sungai beserta pengawasan terhadap sampah yang sering kali terdampar pada bibir danau yang berada didaerahnya. (R)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *